Skip to content

SUAKA Terpilih Dalam Nominasi Namati Justice Prize

English Version

Jakarta, 7 Juni 2015 -SUAKA, Jaringan Kerja Masyarakat Sipil Indonesia untuk Perlindungan Pengungsi, dinominasikan dalam Namati Justice Prize pada akhir Juni 2015 lalu.

Namati Justice Prize adalah hadiah global yang pertama kali di dunia untuk organisasi akar rumput untuk mengapresiasi dampak, keberlanjutan dan inovasi di pemberdayaan hukum. The Justice Prize diberikan untuk menghargai kerja mengagumkan yang dilakukan di berbagai belahan dunia.

Penghargaan ini sekaligus memperkenalkan berbagai organisasi yang bekerja diam-diam untuk membuat perubahan yang besar bagi kehidupan manusia.

“Kami merasa terhormat untuk menerima nominasi ini. Hal ini merupakan apresiasi pada seluruh kerja keras sukarelawan SUAKA yang tanpa pamrih bekerja untuk perlindungan hak pencari suaka dan pengungsi di Indonesia,” ujar Febi Yonesta, chair SUAKA.

SUAKA adalah jaringan masyarakat sipil yang sepenuhnya terdiri dari tenaga sukarela. “Tidak ada satu pun dari anggota SUAKA yang menerima bayaran,” jelas Febi.

SUAKA pertama kali berdiri pada tahun 2012 sebagai reaksi atas kurangnya pihak yang memperhatikan isu pengungsi di Indonesia. Padahal jumlah pencari suaka dan pengungsi yang ada di Indonesia yaitu lebih dari 13.000 orang per Mei 2015, menurut catat-rekam dari UNHCR. Akan tetapi, belum ada penanganan secara komprehensif mengenai hal ini.

Penghargaan utama dan tiap kategori sepenuhnya akan dinilai oleh enam juri dari Namati.  Sementara menunggu dari hasil para juri, publik dapat pula ikut serta dalam kategori suara publik di www.justiceprize.org/voting.

SUAKA adalah satu-satunya jaringan masyarakat sipil dari Indonesia yang dinominasikan untuk penghargaan ini. Selain SUAKA, ada organisasi lain terpilih yang berasal dari Rusia, Amerika Latin, Asia Selatan, Asia Tenggara, Afrika dan lainnya.

Kami, SUAKA, mengajak seluruh masyarakat yang menganggap perlindungan pencari suaka dan pengungsi di Indonesia adalah penting untuk ikut serta memilih SUAKA di dalam penghargaan ini.

Pemenang terbanyak dari suara publik akan mendapatkan uang sebesar USD 500 dan berhak dipilih untuk memenangkan salah satu dari tiga penghargaan utama.

Seluruh hadiah akan digunakan untuk advokasi perlindungan pencari suaka dan pengungsi di Indonesia. Terima kasih telah mendukung SUAKA.*

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s